Kamis, 12 Juli 2012

Liverpool, Pintu Garuda Indonesia Menuju Global Brand

Garuda Indonesia/Getty Images
Click to enlarge

Sebuah kabar mengejutkan namun menggembirakan datang dari Garuda Indonesia. Maskapai penerbangan nomor satu Indonesia itu diberitakan akan mengadakan kerja sama dengan klub Premier League, Liverpool.
Meski belum ada keterangan resmi dari pihak Garuda, kabar kerja sama itu telah ramai dibicarakan di media sosial, terutama Twitter. Dan, tentu saja kabar tersebut sangatlah menggembirakan, buat masyarakat Indonesia dan khususnya fans Liverpool di negeri ini.
Melihat misi Garuda Indonesia yang ingin mempromosikan negeri ini kepada dunia, kerja sama tersebut sangatlah logis. Liverpool merupakan salah satu klub legendaris di Inggris yang telah 18 kali menjadi juara liga dan lima kali menjadi juara Liga Champions. Liga Inggris (baca: Premier League) pun merupakan liga terbaik dunia dan paling banyak disiarkan di seluruh dunia dengan cakupan lebih dari 200 negara.
Lain itu, Liverpool bukanlah sekadar klub sepak bola. The Reds sebagai sebuah perusahaan yang aktif dalam kegiatan sosial dengan mengelola lebih dari 20 proyek pendidikan, sosial, serta pengembangan kesehatan dan olahraga.
Dengan kejayaan di lapangan hijau plus aktivitas sosial yang dilakukannya, Liverpool telah menjadi "global brand", pun punya "value" yang sangat besar. Berdasarkan BBDO Consulting, The Reds berada pada posisi 10-besar "Europe's Most Valuable Football Clubs" dengan nilai 645 juta euro.
Tiga alasan itu tentulah sangat sejalan dengan keinginan Garuda Indonesia untuk meningkatkan "brand awareness" di pasar global dengan strategi ekspansi yang bernama "Quantum Leap". Untuk 2011-2015, Garuda Indonesia punya program "7 Drivers for The Future" dengan penguatan merek di pasar internasional plus program marketing communication. Khusus 2012, Garuda Indonesia mengusung tema “Global Alliance”.
Kubu Liverpool pun menyambut suka cita kerja sama dengan Garuda Indonesia. "Kami bangga menjalin kerja sama dengan perusahaan penerbangan yang telah menjadi pemimpin pasar di negeri dengan jumlah fans Liverpool yang sangat banyak. Kami berharap bisa mengadakan tur pramusim tahun depan," ujar Ian Ayre, Managing Director Liverpool, di situs resmi klub.
Dalam kerja sama tersebut,  Garuda Indonesia akan menjadi “Global Official Airline” untuk Liverpool. Artinya ketika melakukan tur, Liverpool akan menggunakan Garuda Indonesia -sebagai maskapai penerbangannya - sepanjang rute tersebut termasuk yang dilayani Garuda Indonesia.
Nama Garuda Indonesia pun akan muncul di a-board di Anfield saat Liverpool melakoni pertandingan kandang. Dengan minimal 19 pertandingan kandang musim depan, setidaknya miliaran orang di seluruh dunia akan melihat promosi yang dilakukan Garuda Indonesia melalui layar kaca.  Kerja sama dengan Liverpool ini akan berlangsung selama tiga musim, dan dimulai pada Agustus 2012.
Jika selama ini Liverpool punya slogan "You'll Never Walk Alone" untuk meningkatkan gairah para pemain di lapangan, khusus untuk penerbangan mungkin bisa dimodifikasi menjadi "You'll Never Fly Alone". Sebab, ratusan rute Garuda Indonesia siap melayani para pemain Liverpool ketika melakoni perjalanan tandang atau tur.
http://www.duniasoccer.com/Duniasoccer/Indonesia/Varia-Warta/Liverpool-Pintu-Garuda-Indonesia-Menuju-Global-Brand

Tidak ada komentar:

Posting Komentar